Pengertian arsitektur
komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan
sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai
komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer
yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi
arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur
pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk
perancangan sistem komputer.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von
Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957].
Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini.
Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian
utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, &
alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut
dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
3 sub-kategori arsitektur komputer
Arsitektur komputer ini mengandung 3
(tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
- Set intruksi (ISA).
- Arsitektur mikro dari ISA, dan
juga
- Sistem desain dari semua atau
seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.
Arsitektur Komputer yaitu desain
komputer yang meliputi:
- Set instruksi.
- Komponen hardware (perangkat
keras).
- Organisasi atau susunan
sistemnya.
2 bagian utama arsitektur komputer
Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur
komputer:
- Instructure Set Architecture,
adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin
berinteraksi dengan komputer.
- Hardware System Architacture
yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta
OS.
Inilah cara melakukan perubahan pada
arsitektur komputer
Cara-cara untuk melakukan perubahan pada
arsitektur, yaitu seperti:
- Membangun array prosesor.
- Menerapkan proses pipelining.
- Membangun komputer
multiprosesor.
- Membangun komputer dengan
arsitektur yang lain.
Berikut ini mengukur kualitas dari
arsitektur komputer
Terdapat beberapa atribut yang dipakai
untuk mengukur kualitas komputer, diantaranya :
- Generalitas.
- Applicability (Daya Terap).
- Efesiensi.
- Kemudahan Penggunaan atau
pemakaian.
- Daya Tempa (Maleability).
- Dan daya Kembang
(Expandibility).
Dan inilah faktor yang berpengaruh
pada keberhasilan Arsitektur Komputer
Terdapat faator-faktor yang dapat
berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3 (tiga) diantaranya adalah:
1. Yang pertama manfaat Arsitektural
diantaranya yaitu:
- Aplicability.
- Maleability.
- Expandibility.
- Comptible.
2. Kinerja Sistem.
Yaitu untuk mengukur kinerja dari
sistem, ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang dapat di
sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
- MIPS (Million Instruction
PerSecond)
- MFLOP (Million Floating Point
PerSecond)
- VUP (VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O sistem:
- Sistem Operasi Bandwith
- Operasi I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori:
- Memoy Bandwith.
- Waktu Akses Memori.
- Ukuran Memori.
3. Biaya Sistem, Biaya dapat diukur
dalam banyak cara diantaranya, yaitu :
- Reliabilitas.
- Kemudahan Perbaikan.
- Konsumsi daya.
- Berat.
- Kekebalan.
- Interface Sistem Software.
Arsitektur komputer merupakan suatu hal
yang sangatlah penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada
sistem komputer, hal tersebuti tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang
ataupun user software sistem dalam mengembangkan suatu program.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar