Rabu, 15 Januari 2014

New Media and New Technologies

New Media and New Technologies


Media Studies
Jika kita belajar mengenai media, maka yang ada dipikiran kita adalah “media komunikasi”, yang biasa menjadi pekerjaan orang-orang :percetakan dan pers, fotografi, periklanan, perfilman, penyiaran (radio dantelevisi), penerbitan, dan seterusnya. Istilah ini mengacu pada budaya dan alat-alat dari institusi ini (bentuk dan jenis yang berbeda dari berita, film jalanan, opera sabun yang mengambil format dari Koran, buku bersampul tipis, film, rekaman, disket : Thompson 1971 : 23-24). Media dibagikan, diterima, dan dikonsumsi oleh banyak orang.Media tidak sekedar mengenai sesuatu yang lama dan baru.

The Intensity of Change
Istilah “new media” muncul untuk mengabadikan apa yang terjadi pada akhir tahun 1980-an. Dunia media semakin terlihat berbeda, hal ini dapat dilihat dari percetakan, fotografi, televise dan komunikasi. Karena itu sosial dan budaya berubah dan di identifikasikan dan telah digambarkan keberbagai tingkat sejak tahun 1960.Berikut ini adalah hal yang menunjukkan perubahan sosial :
1.      Perubahan dari modern ke post modern
2.      Peningkatan proses globalisasi
3.      Pergantian masa industry pabrik menjadi masa ‘post-industrial’
4.      Perbaikan terpusat pada pemerintahan geopolitik

The Ideological Connotations of The New
Pengertian tambahan dari ‘the new’ atau yang baru berasal dari pemikiran modern dalam perkembangan sosial dari teknologi.
Cerita ini tidak disetujui oleh pengusaha, perusahaan yang memproduksi media hardware dan software, tetapi juga semua bagian dari komentator media jurnalis, artis, cendikiawan, juru teknik dan administrator, pendidik, dan aktivis budaya.
Perayaan dan promosi terus-menerus dari new media dan ICTS di kedua negara dan sektor perusahaan tidak dapat dipisahkan dari globalisasi neo-liberal bentuk dari produksi dan distribusi yang berkarakteristik dari 20 tahun lalu.

Non-Technical and Inclusive
‘New Media’memperoleh istilah sebagai suatu mata uang karena ini berguna. Hal ini menghindari pengeluaran untuk menggeneralisasi dan nuansa ideologis, pengurangan dari beberapa yang menjadi alternative. Semata-mata menghindari tekanan teknikal dan definisi normal ‘digital’ atau media ‘elektronik’; berkualitas seperti ‘media interaktif’ atau satu set mesin dan percobaan seperti ‘computer-mediated communication’ (CMC).
Jadi jika seseorang menggunakan ‘new media’ ia harus memiliki sesuatu dalam pikiran mereka (internet) atau yang lain (TV Digital, cara baru pencitraan tubuh, lingkungan virtual, game komputer, atau blog).




Distinguishing Between Kinds of New Media
Dibawah ini menjelaskan tentang variasi dan jumlahdari new media. Ini merupakan skema yang memecah istilah global tentang ‘new media’ menjadi sesuatu komponen yang tersusun.
·         Menemui tekstual baru : jenis baru dari gaya dan bentuk tekstual, entertainment, kesenangan dan pola konsumsi media (game komputer, simulasi, special effect untuk film).

·         Cara baru melukiskan dunia : media tidak selalu didefinisikan dengan jelas, memberikan cara baru melukiskan kemungkinan dan keahlian (lingkungan virtual, interaksi berbasis layar multimedia).

·         Hubungan baru antara subjek (pengguna dan konsumen) dan media teknologi : mengubah cara menggunakan dan menerima media gambar dan komunikasi setiap hari dan hal ini memberikan arti pada media teknologi.

·         Pengalaman baru dari hubungan antara perwujudan, identitas, dan komunitas : perubahan dari diri sendiri dan pengalaman sosial dari waktu, ruang dan tempat (ditempat local maupun secara global) yang terlibat untuk setiap pengalaman kita dan tempat kita di dunia.

·         Konsep baru dari hubungan tubuh biologis dengan media teknologi : tantangan untuk mendapatkan perbedaan antara manusia dan buatan, alam dan teknologi, tubuh dan media sebagai badan buatan, yang sebenarnya dan virtual.

·         Polabarudariberorganisasidanproduksi  : penataan dan integrasi lebih luas dalam budaya kultural, industri, ekonomi, akses, kepemilikan, control dan peraturan.




Sumber :

ebook New Media: a critical introduction Second EditionMartin Lister / Jon Dovey / Seth Giddings / Iain Grant / Kieran Kelly

Tidak ada komentar:

Posting Komentar